Membuat Aplikasi Penghitung Rumus Bangun Matematika
Hallo sobat PantiPemograman.com yang saya cintai dan sayangi
Pada Halaman ini saya akan berbagi cara membuat Projek Aplikasi Penghitung Rumus Bangun Datar & Ruang Matematika. IDE yang saya pakai masih tetap NetBeans 8.2 dengan JDK 8.2
1. ctrl + shift + N untuk membuat project baru, Java > Java Application > Next
public static void main(String[] args) {
FormMenuUtama menu=new FormMenuUtama();
menu.setVisible(true);
}
FormMenuUtama menu=new FormMenuUtama();
menu.setVisible(true);
}
4. Klik kanan pada Source Package "Bangun Ruang" > New > JFrame Form...
5. Isi pada Class Name dengan FormMenuUtama > Finish
6. Lalu buatlah desan FormMenuUtama seperti dibawah
7. Change Variable Name... pada Combo Box dan Button
Variabel Combo Box pada bagian Bangun Datar ubah > cbBangunDatar
Variabel Combo Box pada bangun Bangun Ruang ubah > cbBangunDatar
Variabel Button pada Go ubah > btnGo
Variabel Button pada Go ubah > btnGO
Variabel Button pada Exit ubah > btnExit
8. Klik kanan pada Button Go yang atas > Events > Action > ActionPerformed, lalu ketikkan kode
dibawah ke dalam btnGoActionPerformed
Go=(String)cbBangunDatar.getSelectedItem();
switch(Go){
case "Persegi":
Persegi link;
link=new Persegi();
link.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Persegi Panjang":
PersegiPanjang link2;
link2=new PersegiPanjang();
link2.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Segitiga":
Segitiga link3;
link3=new Segitiga();
link3.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Jajar Genjang":
JajarGenjang link4;
link4=new JajarGenjang();
link4.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Layang-layang":
LayangLayang link5;
link5=new LayangLayang();
link5.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Belah Ketupat":
BelahKetupat link6;
link6=new BelahKetupat();
link6.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Trapesium":
Trapesium link7;
link7=new Trapesium();
link7.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Lingkaran":
Lingkaran link8;
link8=new Lingkaran();
link8.setVisible(true);
this.dispose();
break;
}
switch(Go){
case "Persegi":
Persegi link;
link=new Persegi();
link.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Persegi Panjang":
PersegiPanjang link2;
link2=new PersegiPanjang();
link2.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Segitiga":
Segitiga link3;
link3=new Segitiga();
link3.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Jajar Genjang":
JajarGenjang link4;
link4=new JajarGenjang();
link4.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Layang-layang":
LayangLayang link5;
link5=new LayangLayang();
link5.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Belah Ketupat":
BelahKetupat link6;
link6=new BelahKetupat();
link6.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Trapesium":
Trapesium link7;
link7=new Trapesium();
link7.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Lingkaran":
Lingkaran link8;
link8=new Lingkaran();
link8.setVisible(true);
this.dispose();
break;
}
9. Klik kanan pada Button GO yang bawah > Event > Action > ActionPerformed, lalu ketikkan kode dibawah ke dalam btnGOActionPerformed
GO=(String)cbBangunRuang.getSelectedItem();
switch(GO){
case "Kubus":
Kubus link;
link=new Kubus();
link.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Balok":
Balok link2;
link2=new Balok();
link2.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Bola":
Bola link3;
link3=new Bola();
link3.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Tabung":
Tabung link4;
link4=new Tabung();
link4.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Kerucut":
Kerucut link5;
link5=new Kerucut();
link5.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Limas":
Limas link6;
link6=new Limas();
link6.setVisible(true);
this.dispose();
break;
}
switch(GO){
case "Kubus":
Kubus link;
link=new Kubus();
link.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Balok":
Balok link2;
link2=new Balok();
link2.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Bola":
Bola link3;
link3=new Bola();
link3.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Tabung":
Tabung link4;
link4=new Tabung();
link4.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Kerucut":
Kerucut link5;
link5=new Kerucut();
link5.setVisible(true);
this.dispose();
break;
case "Limas":
Limas link6;
link6=new Limas();
link6.setVisible(true);
this.dispose();
break;
}
10. Klik kanan pada Button Exit > Event > Action > ActionPerformed, lalu ketikkan kode dibawah ke dalam btnExit
FormMenuUtama menu=new FormMenuUtama();
menu.setVisible(false);
System.exit(0);
menu.setVisible(false);
System.exit(0);
Berlanjut pada Part 2






Tidak ada komentar:
Posting Komentar