Membuat Aplikasi Penghitung Rumus Bangun Matematika
Hallo sobat PantiPemograman.com semoga kalian diberi kesehatan selalu oleh Tuhan
Nah pada Part 2 ini saya akan melanjutkan projek Aplikasi Penghitung Rumus Bangun Matematika
Tidak perlu banyak basa basi, karena sobat PantiPemograman.com ingin belajar sekaligus ingin tahu juga
1. Klik kanan pada Resource Package > New > JFrame Form > Persegi > Finish. Kemudian buat ukuran Form dengan "lebar 217 tinggi 75. dan beri nama pada setiap button dengan 'Luas & Keliling' dan Change Variable Name..
Button Luas ubah > btnLuas
Button Keliling ubah > btnKeliling
Button Luas ubah > btnLuas
Button Keliling ubah > btnKeliling
2. Klik kanan pada Button Luas > Events > ActionPerformed, dan ketikkan syntax dibawah ke dalam btnLuasActionPerformed
Persegi_Luas link;
link=new Persegi_Luas();
link.setVisible(true);
this.dispose();
link=new Persegi_Luas();
link.setVisible(true);
this.dispose();
3. Klik kanan pada Button Keliling > Events > ActionPerformed, dan ketikkan syntax dibawah ke dalam btnKelilingActionPerformed
Persegi_Keliling link;
link=new Persegi_Keliling();
link.setVisible(true);
this.dispose();
link=new Persegi_Keliling();
link.setVisible(true);
this.dispose();
4. Klik kanan pada BangunRuang > new > Jframe Form, lalu ubah pada Class Name > Persegi_Luas > Finish
5. Beri nama setiap Buttonn sesuai gambar, klik kanan pada setiap TextField dan Button > Change Variable Name
TextField pada Masukkan Sisi ubah > txtSisi
TextField pada Hasil ubah > txtHasil
Button pada Hitung ubah > btnHitung
Button pada Back ubah > btnKembali
Button pada Menu Utama ubah > btnUtama
6. Klik kanan pada Button Hitung > Events > ActionPerformed, dan ketikkan syntax dibawah ke dalam btnHitungActionPerformed
int sisi=Integer.parseInt(txtSisi.getText());
int hasil=sisi*sisi;
txtHasil.setText(""+hasil);
int hasil=sisi*sisi;
txtHasil.setText(""+hasil);
7. Klik kanan pada Button Back > Events > ActionPerformed, dan ketikkan syntax dibawah ke dalam btnKembaliActionPerformed
persegi link;
link=new persegi();
link.setVisible(true);
this.dispose();
link=new persegi();
link.setVisible(true);
this.dispose();
8. Klik kanan pada Button Menu Utama > Events > ActionPerformed, dan ketikkan syntax dibawah ke btnUtamaActionPerformed
FormMenuUtama menu;
menu=new FormMenuUtama();
menu.setVisible(true);
this.dispose();
menu=new FormMenuUtama();
menu.setVisible(true);
this.dispose();
9. Klik kanan pada BangunRuang > new > Jframe Form, lalu ubah pada Class Name > Persegi_Keliling > Finish
10. Beri nama setiap Buttonn sesuai gambar, klik kanan pada setiap TextField dan Button > Change Variable Name
TextField pada Masukkan Sisi ubah > txtSisi
TextField pada Hasil ubah > txtHasil
Button pada Hitung ubah > btnHitung
Button pada Back ubah > btnKembali
Button pada Menu Utama ubah > btnUtama
11. Klik kanan pada Button Hitung > Events > ActionPerformed, dan ketikkan syntax dibawah ke dalam btnHitungActionPerformed
int s=Integer.parseInt(txtSisi.getText());
int hasil=4*s;
txtHasil.setText(""+hasil);
int hasil=4*s;
txtHasil.setText(""+hasil);
12. Klik kanan pada Button Back > Events > ActionPerformed, dan ketikkan syntax dibawah ke dalam btnKembaliActionPerformed
persegi link;
link=new persegi();
link.setVisible(true);
this.dispose();
link=new persegi();
link.setVisible(true);
this.dispose();
13. Klik kanan pada Button Menu Utama > Events > ActionPerformed, dan ketikkan syntax dibawah ke btnUtamaActionPerformed
FormMenuUtama menu;
menu=new FormMenuUtama();
menu.setVisible(true);
this.dispose();
menu=new FormMenuUtama();
menu.setVisible(true);
this.dispose();
14. Langkah berikutnya hanya copy paste desain Button dan Text Field sesuai rumus Bangun Tersebut, serta syntax yang ga beda jauh saat proses hitung dalam btnHitungActionPerformed nah, beberapa form di dalam Package BangunRuang yang harus anda buat telah saya jabarkan dibawah :
Balok
Balok_Keliling
Balok_Luas
Balok_Volume
BelahKetupat
BelahKetupat_Keliling
BelahKetupat_Luas
Bola
Bola_Luas
Bola_Keliling
JajarGenjang
JajarGenjang_Keliling
JajarGenjang_Luas
Kerucut
Kerucut_Luas
Kerucut_Volume
Kubus
Kubus_Keliling
Kubus_Luas
Kubus_Volume
LayangLayang
LayangLayang_Keliling
LayangLayang_Luas
Limas
Limas_Luas
Limas_Volume
Lingkaran
Lingkaran_Keliling
Lingkaran_Luas
PersegiPanjang
PersegiPanjang_Keliling
PersegiPanjang_Luas
Segitiga
Segitiga_Keliling
Segitiga_Luas
Tabung
Tabung_Luas
Tabung_Volume
Trapesium
Trapesium_Keliling
Trapesium_Luas




Tidak ada komentar:
Posting Komentar